Rabu, 03 Agustus 2016

BARANG YANG DILARANG DIBAWA KE PESAWAT



Keamanan dan keselamatan penumpang merupakan hal penting yang menjadi tanggung jawab maskapai penerbangan. Akan tetapi tahukah Anda, bahwa keamanan dan keselamatan tersebut bisa terjadi bila penumpang mematuhi peraturan-peraturan penumpang pesawat terbang. Salah satu aturan yang wajib dipatuhi oleh penumpang pesawat terbang yaitu aturan mengenai benda-benda yang tidak boleh dibawa ke pesawat.

Semua ketentuan mengenai barang-barang yang tidak bisa diangkut ke dalam pesawat sudah diatur oleh ICAO (International Civil Aviation Organization) yang berlaku secara internasional. Barang-barang tersebut tidak boleh dibawa ke dalam pesawat karena dianggap dapat membahayakan. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui apa saja barang-barang yang dilarang dibawa ke pesawat agar perjalanan Anda dapat berjalan dengan lancar, dan barang tersebut tidak berakhir di tong sampah atau yang paling parah lagi Anda tidak diizinkan untuk mengikuti penerbangan.

Berikut adalah barang-barang yang dibatasi dan dilarang dibawa ke pesawat :

      1.      Cairan, Aerosol dan Gel dalam Bagasi Jinjing Anda
Barang bawaan berupa cairan, aerosol dan gel dapat Anda bawa ke dalam pesawat, akan tetapi barang tersebut dibatasi jumlahnya. Barang tersebut harus tetap berada di wadahnya dengan kapasitas maksimum 100 ml atau 100 mg. Semua wadah barang LAG harus dapat masuk ke dalam sebuah kantung plastik transparan yang dapat ditutup. Setiap penumpang hanya boleh membawa satu kantung plastik transparan tersebut dengan volume yang tidak boleh lebih dari 1 liter dan dimensi tidak boleh lebih besar dari 20 cm x 20 cm.

      2.      Alat Tumpul
Anda tidak boleh membawa alat tumpul apapun yang berpotensi menyebabkan cidera, baik bagi Anda sendiri maupun penumpang lainnya. Benda-benda tumpul seperti pemukul baseball, tongkat bilyar, dayung, pentungan, tongkat golf, kail pancing, skateboard, dan berbagai perlengkapan bela diri yang menyebabkan potensi cidera bagi penumpang lainnya ke dalam kabin pesawat.




      3.      Segala Bentuk Benda/Senjata Tajam dan Lancip
Segala jenis benda/senjata tajam dan lancip tidak boleh dibawa ke dalam kabin, karena ditakutkan dapat membahayakan orang saat tidak disangka-sangka. Pelarangan ini berlaku untuk berbagai jenis senjata api, senapan, katapel, dan senjata mainan. Namun, beberapa jenis senjata untuk keperluan olahraga boleh dibawa di bagasi check in dengan syarat tertentu. Gunting kuku, gunting kecil, pinset alis dan pisau cukur juga tidak boleh masuk ke dalam bagasi penumpang pesawat terbang, oleh karena itu sebaiknya barang-barang ini disimpan di dalam bagasi check in.


       4.      Rokok Artifisial
Anda boleh membawa rokok elektronik atau jenis rokok artifisial yang lain (termasuk baterai tambahan) hanya dalam bagasi jinjing Anda. Rokok Artifisial tidak diizinkan untuk dibawa dalam bagasi check in Anda.

    5.      Material Peledak, Zat yang Mudah Terbakar, Zat Kimia dan Beracun
Material seperti asam, alkali, zat korosif, zat oksidasi dan bahan radioaktif dilarang dibawa ke dalam pesawat, karena berbahaya.


       6.      Produk yang Berasal dari Hewan
Produk yang berasal dari hewan seperti susu segar, daging segar, dan produk dari susu semisal keju tidak boleh dibawa karena produk-produk ini dapat mengandung bakteri pathogen yang dapat menginfeksi.


      7.      Obat-obatan dan Narkoba
Narkoba dan sejenisnya merupakan barang terlarang yang tidak boleh Anda bawa ke dalam pesawat. Jika Anda harus membawa obat-obatan, jangan lupa untuk membawa serta resep dokter. Tidak perlu membawa dalam jumlah yang berlebihan.


      8.      Alat Pelumpuh
Pistol pengejut, alat kejut listrik, tongkat pukul listrik, termasuk alat pelumpuh untuk hewan;


9.      Semprotan Beli Diri
Gas airmata dan semprotan asam fosfor. Semprotan merica yang dilengkapi fitur mekanisme keselamatan diperbolehkan diletakkan didalam bagasi tercatat.





Nah, selain hal tersebut adapula beberapa hal yang perlu Anda perhatikan yaitu jangan menerima titipan bagasi apapun dari orang yang tidak dikenal. Lalu pastikan bagasi kabin dan bagasi tercatat yang diangkut dalam pesawat udara merupakan barang milik Anda sendiri. Terakhir, Anda wajib mengawasi dan menjaga barang bawaan Anda. Selamat berlibur, semoga perjalanan Anda lancar dan menyenangkan.

7 komentar:

  1. Info sangat membantu 😃

    BalasHapus
  2. Kalau bawa rokok 1 slop bagaimana gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Msok kenak pajak bro rokok e
      Kn Kmk bawa 1 slot

      Hapus
    2. Nah kebetulan nih ada yg nanya bawa rokok, nah ane rencana mudik bawa rokok herbal 5slop,itu di bolehkan gk yah, dan kalo gk kena pajak berapa yah

      Hapus
    3. bro @syahrul , kmrn bawa rokok 5 slop aman ga ?kenapa pajak ga itu ?

      Hapus
  3. Kl bawa ny 1 kardus mungkin ken as pajak.kl cma 1 slop buat sndri. Aneh kl byr pjk. Mhal pjkny x dri pda hrga roko 1 slop. ..Heee

    BalasHapus