Selasa, 02 Agustus 2016

Tips Mengemas Koper



Ketika Anda hendak bepergian jauh dan dalam waktu yang cukup lama, salah satu hal yang mungkin membuat Anda pusing adalah mengemas barang di koper atau tas. Sebenarnya mengemas tas atau koper untuk bepergian sangatlah mudah dilakukan jika Anda sudah merencanakan sebelumnya dan mengetahui tips-tipsnya. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah tempat tujuan yang ingin Anda kunjungi,cuaca, dan aktivitas yang direncanakan.


Begitu banyak kebutuhan atau perlengkapan yang kita butuhkan, apalagi bila Anda seorang wanita yang cenderung suka tampil berbeda dalam setiap kesempatan. Memang hal tersebut boleh saja, akan tetapi kendalanya baju-baju Anda tidak dapat ditampung semuanya dengan 1 buah koper. Anda harus membawa lebih dari satu koper, nah tentunya ini akan membuat repot. Oleh karena itu membawa barang seperlunya merupakan sebuah solusi yang terbaik. Walau begitu tetap pastikan untuk membawa alat-alat mandi dan obat-obatan. Karena kedua hal tersebut merupakan hal yang wajib dan dibutuhkan, apalagi bila Anda mengidap suatu penyakit yang serius.


Selain masalah di atas, biasanya adapula masalah lain yang sering dikeluhkan oleh traveller yang sedang bepergian jauh dengan membawa koper atau tas. Masalah tersebut yaitu pakaian yang ada di dalam koper atau tas menjadi lecek dan tidak rapi lagi. Nah, tentunya hal tersebut sangat menjengkelkan. Apalagi bila Anda perlu pergi ke suatu tempat atau ada acara penting diluar. Hal ini mungkin terjadi, apabila Anda menyusun barang bawaan Anda bertumpuk-tumpuk dan dilipat dengan asal.




Sebuah koper sebenarnya mampu menampung banyak barang, jika Anda mampu mengatur dan mengemasnya dengan baik dan benar. Nah, bila Anda sudah menyusunnya dengan baik, maka pakaian Anda juga terhindar dari lecek. Oleh karena itu Saya akan membagikan tips kepada Anda bagimana caranya mengemas barang di koper dengan baik dan benar.


1.      Pilih koper yang tepat
Sesuaikan koper yang akan Anda bawa dengan destinasi dan lama perjalanan Anda. Koper dengan bahan kaku lebih kuat dan tahan banting untuk perjalanan jauh, terutama jika Anda naik pesawat dan harus transit berkali-kali. Koper berbahan kain atau backpack cenderung lebih ringan dan lentur.

2.      Membuat list barang yang akan dibawa
Dengan membuat daftar barang bawaan, Anda tidak perlu khawatir bila ada barang yang ketinggalan. Buat list berdasarkan jenis barang, fungsi dan jumlahnya. Sesuaikan daftar bawaan Anda dengan destinasi, cuaca dan kegiatan yang ingin Anda lakukan. Bawalah baju seperlunya dan berwarna netral agar dapat dipadu-padankan.

3.      Rapikan barang
Lipat semua pakaian dengan rapi dan jangan asal dimasukkan. Hal tersebut membuat koper tidak efektif dan pakaian Anda menjadi kusut.



4.     Letakkan pakaian besar atau berat di dasar koper
Dengan meletakkan pakaian besar atau berat di dasar koper akan lebih memudahkan Anda menemukan barang-barang lain di dalam koper.






5.      Mengulung pakaian
Dengan cara menggulung pakaian, Anda hanya membutuhkan ruang yang lebih sedikit daripada melipat pakaian. Gulunglah pakaian serapat mungkin dengan hati-hati agar ruang dalam koper lebih luas dan pakaian tidak kusut.


6.  Gunakan bagian dalam sepatu sebagai tempat penyimpanan
Masukkan kaos kaki dan perhiasan kecil ke dalam sepatu. Lalu kemas sepatu dengan shower cap.



7.    Letakkan benda-benda yang rapuh di tengah koper
Dengan cara ini, barang-barang tersebut tak mudah rusak. Jika memungkinkan, jangan bawa benda-benda yang rapuh saat bepergian.



8.  Letakkan benda-benda yang mudah kusut di sisi paling atas
Benda-benda yang mudah kusut atau bervolume seperti dress, bra, atau topi letakkan di atas.



9.    Letakkan buku dan ATK di di kantong sebelah koper
Cara ini baik agar tidak tercampur dengan barang bawaan yang lain.





10.  Letakkan barang pribadi dalam tempat terpisah
Taruh alat-alat mandi, obat-obatan dan barang berharga seperti perhiasan dalam koper/tas yang terpisah dan bisa disimpan di bagian atas kabin.






 Nah itu tadi tips mengemas barang di koper yang baik dan benar. Semoga tips mengemas barang di koper ini berguna bagi Anda yang akan melakukan perjalanan panjang baik untuk urusan wisata maupun urusan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar